Monday 3 October 2016

SAYUR BENING KACANG PANJANG


Sayur bening merupakan salah satu favorit keluarga saya dan mungkin juga favorit keluarga2 yg lain karena selain proses pembuatannya yg sangat mudah dan cepat, juga bisa dikombinasikan dengan aneka jenis sambal sebagai pendamping nasi. Sayur bening juga sangat sehat kerena tidak memakai aneka bumbu, hanya air dan garam saja atau kadang juga ada yang menambahkan penyedap sebagai penguat rasa. Hampir semua jenis sayur bisa dibikin sayur bening. Bisa juga dicampur2 sesuai selera masing2. Walau sangat sederhana, saya tetap akan memposting jenis masakan yang satu ini hehehe.

Kali ini adalah sayur kacang panjang yang saya bikin sayur beningnya, tapi saya kali ini bikin jenisnya seperti yang biasa dibikin ibu saya dan ibu2 lain di Lombok yaitu biasa disebut "kelaq bageq antap" yg dalam bahasa Indonesianya artinya kacang panjang dimasak asam. maksudnya bukan rasanya seperti sayur asam yg asam2 gimana gitu tapi ada penambahan sedikit asam didalamnya untuk memberikan rasa yg segar dan enak tentunya. Ada 2 jenis kacang panjang yang pernah saya temui yaitu berdasarkan warnanya. Ada kacang pajang yang berwarna hijau tua dan ada juga yg berwarna hijau agak muda seperti yg saya pakai di postingan kali ini. Dua-duanya sama enak dan rasa juga tidak jauh beda, tergantung selera saja. Berikut resepnya untuk teman2.

Bahan-bahan:
  • 1 ikat kacang panjang (sy waktu itu beli 1 ikat isinya kira2 12 buah)
  • 1 sdt asam
  • Air kurang lebih 1 liter
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  • Cuci bersih kacang pajangnya kemudian potong2 seukuran panjang telunjuk, sisihkan.
  • Didihkan air sampai mendidih lalu masukkan garam dan asamnya baru kacang panjangnya.
  • Tunggu sampai kacang panjangnya berubah warna dan air mendidih kembali.
  • Tes rasa dan tingkat kematangan kacang panjang yang diinginkan, jika sudah pas maka angkat. Jangan memasaknya terlalu lama agar rasanya enak


Keep in touch with me via email: yunisulpiahariani@gmail.com or WA 085239329160

No comments:

Post a Comment