Tuesday 1 September 2015

TUMIS BUNGA PEPAYA


Ketika baru pindah ke Timika, saya sempat stress karena culture shock yg saya alami. Mulai dari perbedaan bahasa, jenis makanan, sampai cuaca yang mencolok panasnya membuat saya bingung dan pusing kala itu. Perbedaan mencolok antara Timika dan Lombok membuat saya tidak betah, saya tidak tau mau kemana dan sama siapa selain bersama suami. Tentu tidak bisa jika dia harus menemani saya sepanjang waktu karena dia harus kerja. 
Masalah makanan yang memiliki perbedaan dengan Lombok seperti pada jenis2 masakan sampai bahan2 masakan saya permasalahkan. Misalnya saja dulu sy paling tidak bisa mencium aroma serai, memakan bunga pepaya yang pahit, dan mengonsumsi ikan. Akan tetapi setelah beberapa tahun di sini, semuanya terbalik. Sekarang sy tdk bisa melupakan serai dalam masakan2 sy, jadi penggemar ikan, dan juga mulai doyan menyantap bunga pepaya yang bagi sebagian orang enggan untuk dikonsumsi. 
Di sini bunga dan daun pepaya mahal harganya, tidak seperti di Lombok dimana orang dikasi percumapun akan enggan mungkin karena rasa pahitnya itu. Berikut akan saya posting resep tumis bunga pepaya yang laziz walau ada sensasi pahitnya...

Bahan-bahan:
  • 2 genggang bunga pepaya
  • Garam untuk meremas bunga pepaya untuk mengurangi rasa pahit secukupnya
  • 6-7 batang kangkung potong2
  • Air secukupnya
  • 2 sdm saos tiram
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • Tambahan tips untuk mengurangi rasa pahit bunga pepaya, anda bisa merebus bunga pepaya dengan air asam jawa sampai bunga pepaya matang lalu tiriskan dan siap di olah

Bumbu-bumbu:
  • 6 siung bawang merah iris tipis
  • 3 siung bawang putih iris tipis
  • 8 cabai rawit rajang kasar ( tambahkan jika suka pedas)
  • 2 cm jahe geprek
  • Garam secukupnya
  • 1 buah tomat potong2

Cara membuat: 
Remas bunga pepaya dengan garam lalu diamkan sejenak baru kemudian dicuci sampai bersih lalu rebus sebentar dengan air yang dikasi asam jawa dan tiriskan. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu2 sampai harum baru masukkan bunga pepaya dan kangkungnya. Oseng2, tambahkan air sedikit saja dan tambahkan saus tiram dan garam secukupnya. Masak sampai matang. Koreksi rasa, jika sudah pas maka angkat dan sajikan dipiring lalu santap bersama nasi hangat YUMMY ^_^

2 comments: