Friday 10 July 2015

RENDANG DAGING SAPI



Hai teman2 sudah lumayan lama ya aku tidak posting resep. Habis kemarin2 aku pulang kampung liburan selama 3 bulan dan jarang nulis2. Keenakan main di sawah hehehe. Kali ini aku kembali dgn resep yg mau aku selesaikan karena sudah aku tulis sebagian di blog tapi aku simpen di drft. Tau nasi padang kan teman2???? Salah satu lauk yang wajib disajikan di menu nasi padang adalah rendang. Yaps rendang merupakan salah satu masakan khas dari padang yang tidak diragukan lagi keenakannya dan juga sudah mendunia. Rendang ada beberapa varian diantaranya rendang daging kerbau, rendang daging sapi, rendang paru, rendang ayam, dan juga rendang jengkol. Ada juga rendang yang berbahan daging burung tertentu. Namun kali ini saya akan memposting resep rendang berbahan daging sapi. Oke berikut resepnya ya...

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 5-6 sdm kelapa sangrai
  • 2 liter santan kelapa dari 1 butir kelapa tua ukuran besar (gunakan 2 buah kelapa jika ukurannya kecil)
  • 2 batang serai digeprek
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 5 lembar daun salam
  • Asam jawa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu daging sapi 1 sdm
  • Gula 1 sdt
  • 1 lembar daun kunyit simpulkan

Bumbu halus:
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 ruas jari jahe
  • 3 ruas jari lengkuas
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 1 sdt merica, bisa tambahkan jika ingin lbh pedas
  • Cabai keriting 10 
  • Cabai rawit sesuai
  • 4 buang pekak atau bunga lawang
  • 1 sdt jintan sangrai
  • 2 ruas jari kunyit (bisa diskip jika ingin warna rendang gelap sempurna)
Cara membuat:
Pertama-tama cuci daging dan potong ukuran sesuai selera. Bikin santannnya, sisihkan. Sangrai kelapanya sampai warna hitam dan berbau harum seperti gambar diatas lalu haluskan. Haluskan bumbu2 menggunakan blender atau ulekan terserah anda. Saya pakai blender karena malas mengulek hehehe. Jika sudah masukkn semua bahan dan bumbu ke dalam panci dan masak dgn api kecil sambil sesekali diaduk agar tidak gosong di dasar panci. Teruslah memasak rendang dgn sabar sampai airnya habis dan menjadi rendang sempurna baru di angkat dan siap di santap so yummy and tasty ^_^


No comments:

Post a Comment