Saturday 28 March 2015

BAKSO AYAM SIMPLE



Anak saya batita berusia 20 bulan sangat gemar sekali makan bakso. Khawatir dengan bakso yang dijual2 karena mungkin kebanyakan mengandung bahan penyedap atau MSG, saya pun memilih untuk membuat sendiri bakso untuk putri kecil saya yang cantik. Saya menggunakan daging ayam filet dan memprosesnya dengan food processor mungil yang baru2 saya beli. Rasio perbandingan daging dan kanjinya 3:1 yaa, maksudnya 3 daging 1 kanjinya. Contohnya seperti yang saya pakai yaitu 300 gr ayam dan 100 gr kanji. Berikut resepnya...

Bahan-bahan:
  • 300 gram daging ayam fillet
  • 100 gram tepung kanji
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Air secukupnya
Bahan kuah bakso:
  • 1 liter air untuk merebus bakso sekaligus menjadi kuahnya
  • 2 batang daun bawang cincang halus
  • 2 batang seledri cincang halus
  • Bawang goreng secukupnya
  • 1 siung bawang putih ukuran agak besar, jika agak kecil gunakan 2 siung
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • Merica bubuk seujung sdt, saya gunakan sedikit merica karena untuk bayi
  • Kecap manis sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis bumbu halus
Cara membuat:
Haluskan bahan2 bakso menggunakan food processor atau blender sampai halus. Gunakan 2 sendok untuk membentuk bulatan atau bisa menggunakan tangan kanan anda. Jika sudah terbentuk bulatan, lansung masukkan bakso mentah ke air yang sudah dididihkan. Tunggu sampai mengapung baru diangkat. Lakukan sampai habis yaa. 
Untuk kuah baksonya gunakan air sisa merebus bakso tadi. Haluskan bawang putih, ketumbar sangrai, dan merica bubuknya kemudian tumis sampai matang lalu masukkan ke kuahnya. Tambahkan garam dan kecap manis serta daun bawang dan seledrinya. Masukkan bakso2nya kemudian koreksi rasa. Jika sudah pas maka siap disajikan, jangan lupa taburi bawang goreng untuk menambah rasa lezatnya yaa. Bakso simple yummy & tasty is ready ^_^

No comments:

Post a Comment